Tips Budidaya Arwana di Aquarium

Ikan arwana salah satu type ikan hias yang hidup di air tawar. Ikan ini datang dari Asia Tenggara. Arwana terdapat banyak di Indonesia serta memiliki banyak fans. Karena sangat digemarinya, ikan hias air tawar ini memiliki harga jual yang termasuk cukuplah tinggi. Harga jual ikan arwana dengan kualitas paling baik dapat sentuh harga 6 – 10 juta rupiah per ekornya. Karena itu bila Anda ingin coba usaha ikan hias, budidaya arwana salah satu usaha yang dapat Anda coba.Ikan Arwana

Apa yang diperlukan dalam mengawali usaha budidaya arwana? Berikut jalannya:

Menyiapkan Media Budidaya

Langkah awal yang perlu Anda kerjakan di budidaya arwana ialah mempersiapkan aquarium jadi media budidaya. Sediakan bermacam kelengkapan pendukung usaha budidaya ikan hias air tawar ini. Untuk langkah pertama, Anda dapat mempersiapkan 5 buah akuarium serta bermacam peralatan seperti alat untuk mengukur suhu, heater, aerator, filter air serta lampu penerang.

Pilih Type Ikan Arwana

Kemudian, langkah seterusnya dalam budidaya arwana ialah memastikan type ikan arwana yang akan Anda budidayakan. Untuk type ikan arwana yang berada di Indonesia sangat bermacam. Namun bila Anda ingin memperoleh keuntungan yang besar, karena itu Anda dapat pilih type arwana super red untuk dibudidayakan.

Ikan Arwana super merah

Ikan hias type arwana super red memiliki harga jual yang tinggi. Untuk ikan dewasa super red dapat dihargai 6 juta rupiah. Sedang untuk benihnya saja dapat sampai harga 1 juta rupiah. Peminat dari type arwana super red ini termasuk cukuplah banyak, hingga Anda tidak sulit untuk pasarkan hasil budidaya arwana yang sedang Anda kerjakan. Namun bila Anda tidak dapat untuk beli bibit arwana super red karena itu Ada dapat coba membudidayakan type ikan arwana yang lain.

Menyiapkan Indukan Arwana

Kualitas indukan arwana yang Anda pakai sangat punya pengaruh pada hasil panen atau keuntungan yang akan didapat pada budidaya arwana Anda. Jika Anda memakai indukan arwana dari type yang unggul, karena itu ada peluang budidaya arwana Anda membuahkan keuntungan yang besar serta begitupun sebaliknya. Hingga kami anjurkan buat Anda yang ingin terjun ke usaha budidaya arwana ini untuk pilih indukan dengan kualitas yang paling baik untuk Anda kembang biakkan.

Ciri ikan arwana yang siap untuk Anda pakai jadi indukan ialah ikan yang sudah sampai umur 5 tahun atau lebih. Pisahkan ikan arwana yang akan Anda pakai jadi indukan dari ikan yang lain. Ini dikerjakan sebab arwana yang siap Anda buat jadi indukan itu akan diberi perlakukan spesial. Contohnya perlakukan spesial dalam pemberian pakan.

Untuk memperbedakan ikan arwana jantan serta ikan arwana betina, Anda dapat lihat bentuk tubuhnya dan bentuk kepalanya. Jika bentuk kepala serta tubuhnya kecil karena itu dapat diyakinkan jika ikan itu ialah ikan arwana betina.

Pilih Waktu Yang Cocok Untuk Budidaya Arwana

Sesudah Anda memisahkan calon indukan karena itu langkah yang perlu Anda mengerti setelah itu memerhatikan ikan mana yang sudah temukan pasangannya. Lihat dengan cermat tingkah laku ikan arwana yang berada di dalam aquarium. Jika ada dua ikan yang berbeda ( jantan serta betina ) serta seringkali berenang bersama dengan karena itu bisa diyakinkan jika ikan itu sudah temukan pasangannya.

Jika Anda sudah mendapatkan tingkah ikan arwana seperti info di atas, karena itu selekasnya alihkan ikan arwana ke aquarium spesial untuk perkembangbiakan. Bikinlah aquarium untuk perkembangbiakan ini senyaman mungkin untuk ikan arwana.

Membesarkan Benih Ikan Arwana

tahap selanjutnya dalam budidaya arwana ialah membesarkan benih ikan arwana. Benih pada ikan arwana umumnya memiliki ukuran seputar 1 cm. Untuk menolong perubahan benih supaya tumbuh dengan optimal, karena itu Anda bisa memberi pakan berbentuk cacing pita. Sesudah benih sudah sampai ukuran kira-kira 12 cm, karena itu benih – benih ikan arwana itu dapat Anda pisahkan dengan idukan ikan. Ini harus Anda kerjakan agar benih ikan arwana tidak dikonsumsi oleh induknya sendiri pada saat sang induk lapar.

Pelihara Benih Ikan Arwana

Sesudah Anda memisahkan benih ikan dari sang induk, karena itu waktunya Anda pelihara benih ikan serta mengembangbiakkannya sampai sampai ukuran kira-kira 24 – 45 cm. Supaya ikan arwana membuahkan warna yang alami secara baik karena itu kerjakan penjemuran ikan di waktu pagi hari. Cahaya matahari pagi dapat membuat warna alami pada ikan arwana.

Memanen Ikan Arwana

Sesudah proses budidaya arwana sudah Anda lakukan dengan benar dan baik dan warna ikan yang dibuat terjebak baik serta bagus karena itu tentu saja ikan arwana telah siap untuk Anda panen. Untuk jual hasil panen budidaya arwana Anda, karena itu cari info mengenai penyalur atau pemasok ikan arwana di kota Anda atau di kota – kota seputar tempat Anda tinggal. Ini akan memudahkan Anda pada pasarkan ikan arwana hias hasil dari panen budidaya arwana Anda. Tidak hanya ikan arwana, berikut 5 type ikan hias yang lain yang pas untuk dibisniskan.

 

Tags:,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.