Siapa Itu Duan Young Ping ?

duan youngping

Siapa yang tidak mengenal smartphone dengan merek Oppo, Vivo, OnePlus, dan Realme ?. Semua merek smartphone tersebut di pegang oleh satu perusahaan induk yang sama, yakni BBK Electronics Corporation.

Perusahaan ini sudah berusia 24 tahun dan bermarkas di Dongguan, Tiongkok. Kota tersebut kini jadi salah satu rantai pasokan elektronik tersebar dan tercanggih berbagai smartphone global di dunia.

BBK Electronics Corporation sendiri dipimpin oleh Miliarder, Investor, sekaligus Filantropis Tiongkok. Yang bernama Duan Young Ping.

Pria yang berusia 58 tahun ini bahkan disebut-sebut sebagai ayah Baptisnya merek-merek smartphone Tiongkok. Seperti yang dilansir dari South China Morning Post.

Pasalnya Duan Young Ping mengembangkan dua merek smartphone global, Oppo dan Vivo yang kini berkompetisi dengan Samsung, LG, Apple, hingga Huawei. Tidak cuma Oppo dan Vivo, OnePlus dan Realme juga berada dibawah naungan BBK Electronics Corporation.

Menurut wawancara Bloomberg pada 2017, Duan Young Ping merupakan investor awal di Pinduoduo, e-commerce terbesar ketiga di Tiongkok. Pada awal 2018, kekayaan Duan mencapai US$1,5 Miliar.

Duan tinggal di Palo Alto, California, bersama keluarganya. Duan dan sang istri, Liu Xin memiliki sebuah yayasan yang bertujuan mulia, yakni memberikan beasiswa kepada mahasiswa Tiongkok yang belajar Engineering di Stanford University.

Kemudian dipasar smartphone global, Oppo dan Vivo menempati posisi lima dan enam dengan mangsa pasar keduanya mencapai 15 persen, Demikian menurut data Counterpoint Research.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.