Rahasia Budidaya Ikan Arwana Super Red

Ikan Mas

Rahasia Budidaya Ikan Arwana Super Red

 

Persiapan Seting

Langkah awal dalam budidaya ikan arwana super red dengan memastikan tempat yang ingin kalian pakai. Kalian bisa memakai akuarium atau kolam bergantung dengan jumlahnya ikan yang ingin kalian budidaya. Bila banyak, karena itu lebih baik memakai kolam.

  1. Budidaya Ikan Arwana Super Red dengan Media Kolam

Media Kolam dipakai untuk budidaya ikan dalam jumlahnya banyak. Selain fakta itu, pada intinya dalam pembudidayaan kita harus bisa menggandakan lagi habitat asli mereka dalam tempat pembudidayaan. Dengan beberapa rekonsilasi, media kolam bisa jadi rumah yang nyaman serta sesuai dengan buat arwana untuk hidup.

Kolam budidaya ikan arwana super red bisa memiliki ukuran 10 x 30 mtr., bisa sesuai dengan keadaan luas tempat kalian. Untuk membuat situasi seperti habitat asli, kalian bisa memberikan tambahan beberapa rekonsilasi seperti memberikan tambahan bebatuan di fundamen kolam.

Diluar itu, kualitas air serta suhu harus juga dilihat. Kualitas air kolam budidaya ikan arwana super red harus jernih serta mengalir. Kalian bisa memakai filter untuk menyaring serta membuat air mengalir. Keasaman air atau Ph sebaiknya ada antara nilai 6 atau 7. Sedang temperatur, upayakan untuk jaga temperature pada tempat 26 – 30 derajat celcius

  1. Budidaya Ikan Arwana Super Red dengan Media Akuarium

Media akuarium diambil umumnya supaya ikan bisa di nikmati keindahannya. Diluar itu, umumnya karena jumlahnya ikan yang tidak banyak maupun sarana kolam yang tidak memadahi. Media akuarium bisa jadi jalan keluar pilihan untuk masalah di atas.

Penentuan akuarium harus dikerjakan dengan pas supaya pesona dari ikan bisa terpancar dengan optimal. Selain itu, janganlah lupa untuk memerhatikan unsur penduplikasian habitat asli ikan.

Besar akuarium yang perlu disiapkan sekurang-kurangnya memiliki ukuran, panjang seputar 1.5-2 mtr. sedang lebar memiliki ukuran 60-70 cm. Ukuran itu bisa sesuai, yakinkan ikan bisa bergerak dengan bebas.

Untuk membuat situasi yang sesuai habitat asli, sama dengan dikolam kalian dapat memberikan tambahan bebatuan di fundamen akuarium. Cocokkan suhu, kejernihan air serta Ph dengan keadaan baik habitat seperti yang telah diterangkan dibagian awalnya. Kalian akan membutuhkan beberapa peralatan seperti alat pengukur suhu, aerator, heater, filter air, serta lampu.

  1. Penentuan Indukan untuk Budidaya Ikan Arwana Super Red

Dalam budidaya ikan arwana super red, kuliatas indukan akan memengaruhi hasil yang akan didapat. Bila indukan adalah kualitas yang baik, kemungkinan hasil yang didapat akan baik.

Idukan arwana yang siap ditingkatkan umumnya berusia 4 tahun atau lebih. Yakinkan ikan itu mempunyai warna yang memanjakan mata merah prima serta tidak mempunyai kecacatan di fisiknya.

Sesudah medapatkan indukan yang paling baik, pisahkan indukan itu dalam tempat spesial untuk memperoleh perawatan lebih sebelum perkembang biakan. Umumnya indukan itu akan dikasih makanan yang bisa memberi dukungan proses perkembang biakan yakni udang serta pakan berprotein tinggi yang lain.

Ikan Mas

  1. Proses Pemijahan pada Budidaya Ikan Arwana Super Red

Sesudah proses pengelompokkan indukan, diteruskan dengan proses pembelahan pasangan indukan. Pada kolam pengumpulan idukan, ikan arwana yang sudah temukan pasangannya akan kelihatan tetap bersama. Berjalan berdampingan, dengan kepala serta ekor yang sama-sama melekat. Seperti kalian yang sedang jatuh hati. Dalam proses ini kalian harus memisahkan pasangan indukan itu dari indukan yang lain.

Kalian bisa memisahkan pasangan itu ke akuarium. Upayakan untuk menyeting akurium itu supaya sepeti habitat aslinya seperti diterangkan di bagian awalnya. Tidak hanya bebatuan, kalian dapat memberikan tambahan beberapa tubuhan air di dalam akuarium itu jadi shelter buat telur-telur ikan.

Sesudah dipisah di kolam spesial, biarlah indukan itu beberapa waktu atau kira-kira 1 minggu. Ikan ini bisa lakukan proses pembuahan dengan sendirinya tanpa ada butuh pertolongan serta perhatian spesial.

Sesudah proses pembuhan usai, indukan betina akan keluarkan telur-telurnya. Ada hal unik pada proses ini, indukan jantan umumnya akan masukkan telur-telur mereka ke mulutnya, seakan-akan mengkonsumsinya. Kalian jangan cemas, ini adalah salah satunya perasaan alamiah ikan arwana membuat perlindungan telur-telur mereka dari masalah benda asing atau binatang lain.

Budidaya ikan arwana super red

Telur yang ada di dalam mulut ikan arwana nanti akan berkembang atau dierami sampai jadi larva. Sesudah jadi larva yang kira-kira berusia 2-8 minggu, umumnya indukan jantan akan keluarkan larva itu dari mulutnya serta biarkan berenang bebas di sekitar beberapa induknya. Pada proses pengeraman indukan jantan akan berpuasa ataukah tidak makan.

  1. Proses Pembesaran Anakan pada Budidaya Ikan Arwana Super Red

Sesudah keluar dari mulut sang induk, kalian harus selekasnya mengalihkan larva ke akuarium inkubator. Akuarium inkubator ini dipakai untuk membuat situasi habitat asli yang nanti harus diadaptasi oleh ikan. Pada akuarium ini, upayakan untuk bikin saluran air terus mengalir supaya melatih ikan agar bisa berenang secara baik.

Budidaya ikan arwana super red

Pada akuarium inkubator ini, ikan bisa dikasih makan dengan cacing pita sampai ikan itu memiliki ukuran kira-kira 12-15 cm. Selanjutnya ikan bisa dipindahkan ke kolam permanen untuk di besarkan.

Banyak hal yang perlu dilihat dalam membuat akuarium permanen untuk pembesaran yakni, yakinkan perlengkapan rekonsilasi habitat yang telah diterangkan dibagian awalnya terpasang secara baik. Selanjutnya, lihat perbandingan besarnya ukuran akuarium dengan jumlahnya ikan. Jangan pernah begitu sempit serta tidak ada ruangan buat ikan. Yang paling akhir yakinkan situasi akuarium tenang.

Budidaya ikan arwana super red

Jika situasi tidak aman, ikan arwana akan gampang cemas serta bisa menyebabkan stress buat ikan. Pada keadaan itu umumnya ikan akan sama-sama berenang tidak pasti arah serta sama-sama bertabrakan. Ini sangat membahayakan, sebab bisa menyebabkan kecacatan serta beberapa luka pada ikan.

Pada proses pembesaran ini yakinkan untuk memperhatikan kesehatan serta kualitas ikan dengan tetap jaga kualitas air dengan mengubah dengan periodik atau memberikan perputaran air serta memberikan makanan yang berkualitas dengan protein tinggi dan vitamin.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.