Macam Macam Kebudayaan Aceh

Macam Macam Kebudayaan Aceh

Kebudayaan Nanggroe Aceh Darussalam – Aceh adalah salah satunya daerah Indonesia yang terletak ada dibagian paling ujung sendiri dari serangkaian kepulauan Nusantara. Aceh atau yang dikenal juga dengan Nanggroe Aceh Darussalam adalah suku pribumi yang punya akar riwayat spesial buat Indonesia.

Aceh mendapatkan panggilan serambi Mekkah, ini karena Aceh punya nilai ideologis islam yang menempel serta demikian kental dalam kehidupan masyarakatnya.

Disamping itu, Aceh punya banyak budaya ciri khas seperti 10 budaya Aceh yang akan diuraikan berikut ini. Dari mulai bahasa yang dipakai, baju tradisi, tari-tarian, rumah tradisi, serta masih banyak. Aceh sendiri menurut riwayat mengatakan jika masyarakatnya sejumlah besar sebagai pendatang yang hadir dari beberapa asal selanjutnya tinggal serta tinggal di Aceh itu.

Tetapi antara beberapa pendatang itu, beritanya sukun Aceh paling tua datang dari Suku Mante yang datang dari Melayu.

Cukup banyak warga Aceh yang disebut keturunan India, Arab, Persia atau Turki. Ini sebab terhubungnya pernikahan dari beberapa pedagang yang masuk ke tanah Aceh serta menikah dengan masyarakat Aceh itu. Menarik sekali bukan narasi mengenai Aceh ini?. Dapat dipikirkan akan bagaimana indahnya kebudayaan-kebudayaan wilayah yang berada di Aceh?.

Langsung, berikut artikel kebudayaan Aceh yang menarik sekali untuk Anda tahu untuk memperluas wacana mengenai keanekaragaman budaya Nusantara.

Beberapa macam Budaya Aceh:

  1. Rumah Tradisi Aceh Krong Bade Tradisi Rumah Aceh

Untuk kenal 10 kebudayaan Aceh yang spesial ini kita mulai dengan kenal rumah adatnya. Rumah tradisi Aceh sendiri diketahui dengan nama Rumoh Aceh atau krong Bade. Ada banyak hal yang unik serta jadi keunikan dari rumah tradisi Aceh ini. Diantaranya model rumah yang seperti panggung dengan memiliki jarak seputar 2,5 sampai 3 mtr. dari atas tanah.

Keseluruhnya bangunan rumah tradisi ini dibuat dengan memakai kayu. Sedang atapnya datang dari anyaman daun enau atau daun rubia. Hal yang jadikan rumah tradisi ini makin unik ialah dari sisi pemakaiannya, seperti sisi kolong rumah yang dipakai jadi tempat simpan beberapa bahan makanan sedang sisi atas atau panggungnya dipakai jadi tempat istirahat atau penerima tamu.

Masih ada lagi satu sebagai kekhasan dalam dari Aceh ini yakni terdapat pada jumlahnya anak tangga yang mengantar pada ruangan penting atau panggung. Anak tangga itu menyengaja dibikin ganjil yang ditujukan jadi lambang nilai religius Suku Aceh. Disamping itu rumah tradisi yang disebut 10 kebudayaan Aceh terkenal ini memiliki kesan-kesan yang ciri khas beberapa nama tiap sisi rumah dengan manfaatnya semasing.

Seperti Seuramoe Teungoh yang disebut sisi ruang depan jadi ruang spesial keluarga, Seuramoe Keue yang digunakan jadi tempat terima tamu, dan Seurameo Likot yang digunakan jadi dapur.

Baca Juga : Daftar 8 Keragaman Budaya Di Kalimantan Barat Yang Menarik

  1. Baju Tradisi Aceh Baju Tradisi Aceh

Hebat bukan kenal kebudayaan Aceh ini?. Setelah itu untuk kupas selesai 10 kebudayaan Aceh yang diawali dengan kenal rumah adatnya, diteruskan dengan kenal baju tradisi Aceh yang unik serta ciri khas. Tahukah Anda, baju tradisi Aceh adalah peninggalan dari riwayat Kerajaan Perlak serta Kerajaan samudera Pasai.

Untuk baju tradisi pria diketahui dengan nama pakaian Linto Biro, sedang untuk baju tradisi wanitanya diketahui dengan nama Daro Buro.

Baju tradisi Aceh ini umumnya dipakai pada saat spesial saja, seperti upacara tradisi atau acara-acara pemerintahan yang lain. Baju tradisi pria sendiri adalah kombinasi dari bagian-bagian. Dari mulai sisi atas yang disebutkan Meukasah serta celana atau sisi bawahannya disebutkan cekak musang atau ada pula yang mengatakan dengan nama celana sileuweu.

Sedang untuk baju tradisi wanitanya adalah kombinasi dari pakaian atasan yang berupa pakaian kurung berlengan panjang dengan kerah pakaian yang bergaya seperti kerah pakaian baju China. Sedang sisi bawahnya kenakan celana cekak musang.

Baju tradisi Aceh yang disebut satu dari 10 kebudayaan Aceh ini biasa dipakai dalam atraksi panggung di acara berprestise dengan barisan baju tradisi yang lain untuk mengenalkan keanekaragaman budaya bangsa yang harus dilestarikan.

  1. Upacara Tradisi Perkawinan Aceh Upacara Tradisi Perkawinan Aceh

Antara 10 kebudayaan Aceh ini, masih diperlengkapi dengan upacara tradisi yang biasa diadakan dengan arah serta manfaatnya semasing. Ada banyak upacara tradisi yang disebut adat warga Aceh seperti upacara perkawinan. Upacara perkawinan di Aceh diadakan dengan beberapa tingkatan, dari mulai tingkatan melamar calon pengantin wanita, tunangan, pesta pelaminan, penjemputan mempelai wanita, sampai penjemputan mempelai pria.

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat.

Nantikan artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: