Langkah-Langkah Budidaya Ikan Mas Koki di Aquarium untuk Pemula

ikan mas dalam akuarium

Langkah Budidaya Ikan Mas Koki di Aquarium untuk Pemula

Budidaya Ikan Mas Koki adalah jalan keluar yang pas buat anda yang mempunyai tempat yang terbatas tetapi ingin mempunyai pendapatan penambahan dan mengalirkan hoby jadi penghilang stress. Membudidayakan Ikan Mas Koki sebetulnya termasuk gampang serta mempunyai tingkat kesuksesan yang tinggi jika anda mempunyai pengetahuan yang diperlukan untuk pelihara ikan hias yang satu ini.

Pelihara ikan hias tentu saja memerlukan perlakuan spesial dibanding pelihara ikan mengonsumsi (contoh lele, langkah budidaya ikan nila, atau gurami, anda harus lebih memerhatikan perawatannya supaya memperoleh kualitas ikan hias yang tinggi, agar jadi pembudidaya yang sukses anda harus lebih concern pada kualitas daripada jumlah dari komoditi yang anda budidayakan.

Di bawah ini ialah langkah budidaya Ikan Mas Koki buat pemula

Mempersiapkan Akuarium

Untuk mengawali budidaya Ikan Mas Koki, langkah awal yang perlu anda kerjakan ialah mempersiapkan akuarium, pakai akuarium dengan dimensi Panjang 80 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 40 cm. Ukuran ini di rasa paling baik supaya perawatannya tidak susah serta gampang untuk mengatur kualitas air.

Pilih type ikan

Pilih type Ikan Mas yang akan anda budidayakan, sebaiknya anda konsentrasi pada satu type Ikan Mas Koki dulu sebelum anda meningkatkan makin banyak varietas Ikan Mas Koki lainnya, Sesudah anda telah pilih type yang akan anda budidayakan, seterusnya anda harus mengawinkan indukan jantan serta betinanya.

Memperbedakan indukan jantan serta betina

Ikan Mas Koki jantan mempunyai badan yang lebih ramping, sedang Ikan Mas Koki betina mempunyai bentuk badan yang lebih tambun atau bundar. Sirip depan Ikan Mas Koki jantan mempunyai bercak putih, sedang pada Ikan Mas Koki betina tidak memilikinya. Bentuk dubur Ikan Mas Koki jantan berupa oval serta rata, sedang Ikan Mas Koki betina lebih bundar serta mencolok.

Jika anda mengurut perut Ikan Mas Koki jantan anda akan lihat cairan sperma warna putih keluar dari alat ekskresinya, sedang pada Ikan Mas Koki betina anda akan temukan cairan berwarna kuning bila anda mendesak perutnya. Ini tunjukkan jika indukan sudah siap untuk berkembangbiak.

Mengawinkan indukan ikan

Simpan indukan Ikan Mas Koki dalam akuarium yang awalnya telah dikasih tanaman eceng gondok. Tanaman ini bisa berperan untuk memberi kenyamanan waktu Ikan Mas Koki kawin serta jadi tempat menyimpan telur yang sudah dibuahi.

Seekor Ikan Mas Koki jantan bisa membuahi dua ekor Ikan Mas Koki betina, seperti dalam proses perkawinan pada ikan type lain, Ikan Mas Koki akan memulai proses perkawinan dengan kejar-kejaran di antara Ikan Mas Koki Jantan serta betina. Kemudian Ikan Mas Koki jantan akan membuahi telur-telur yang dikeluarkan Ikan Mas Koki betina, pembuahan ini disebutkan dengan pembuahan external.

Perawatan anakan Ikan Mas Koki

Telur ikan yang telah dibuahi akan menetas jadi larva ikan dalam 2-4 hari. Bila ada telur yang tidak menetas sebaiknya anda ambil telur itu supaya tidak membusuk serta kurangi kualitas air. Sebab jumlahnya populasi ikan di akuarium bertambah, sebaiknya anda pakai aerator supaya jumlahnya oksigen terlarut bisa memenuhi semua populasi ikan di akuarium.

Larva ikan yang sudah menetas mempunyai buntalan kuning seperti kuning telur di seputar perutnya, ini ialah konsumsi makanan yang mereka pakai untuk penuhi nutrisi mereka sepanjang kira-kira 4 hari sesudah buntalan ini habis karena itu anda butuh memberi makan berbentuk kuning telur rebus. Berikan makan seperlunya serta tetap kontrol keadaan air supaya tidak ada ikan yang mati. Jadi, itu langkah budidaya Ikan Mas Koki buat pemula, sama dengan Langkah Budidaya Ikan Mas Paling Gampang untuk Pemula

Type Ikan Mas Koki dengan Harga paling tinggi

Ada banyak type ikan Mas Koki yang ada dipasaran serta salah satunya yang paling populer serta mempunyai harga tertinggi ialah,

Ikan Mas Koki Calico

Penamaan Calico didapatkan dari jumlahnya warna yang dipunyai oleh ikan dengan sisik transparan yang terbagi dalam lima warna fundamen, yakni hitam, putih, biru, serta salah satunya warnanya merah/ coklat / kuning / oranye. Ikan ini mempunyai bermacam warna proses dari persilangan yang terjadi dalam periode waktu yang tidak sesaat.

Ikan Mas Koki Lion Head

Ikan ini pada awalnya datang dari China, ikan ini dapt bertahan hidup sampai 15 tahun serta lebih, serta terhitung ikan yang friendly pada ikan lain. Dinamakan lion head sebab mempunyai benjolan di atas kepalanya, itu karakter penting dari ikan ini. Ikan ini berenang lambat hingga jika dia digabung dengan ikan yang bergerak cepat di kuatirkan dia tidak memperoleh jatah makanan.

Ikan Mas Koki Sisik Mutiara

Ikan ini datang dari Jepang serta China, mempunyai badan yang bundar, sisiknya mengkilap, mempunyai benjolan dikepalanya, serta terhitung ikan ramah yang berenang lambat. Ikan ini bisa tumbuh sampai selama 10-15 cm. Waktu hidup ikan ini termasuk panjang dalam kurun waktu 10 sampai 15 tahun jika dirawat dengan intens.

Ikan Mas Koki Sukiyu (Pompon)

Pada umumnya type ikan ini mempunyai karakter yang seperti dengan Ikan Mas Koki Lion Head, dengan jaringan mirip kumis pada bagian mulutnya. Sama seperti dengan Ikan Mas Koki lainnya ikan ini mempunyai warna yang seperti dengan lainnya, yakni kaliko (panca warna), merah, merah putih.

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan ini mempunyai penampakan unik yakni ukuran bola matanya yang besar, ini sebetulnya mengganggu penglihatannya dan pergerakan berenangnya, ditambahkan ukuran tubuhnya yang bundar serta tambun mengakibatkan gerakannya tidak gesit serta lambat hingga ikan ini tidak kebagian jatah makanan bila digabung dengan type ikan lain yang bergerak cepat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.