Jenis-Jenis Makanan Paling Baik Untuk Si Kecil, Simak Ya!

Jenis-Jenis Makanan Paling Baik Untuk Si Kecil, Simak Ya!


Sudahkah Anda memastikan si kecil cukup minum selama di rumah aja untuk hindari penyebaran virus Corona? Asupan cairan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan si kecil secara umum.
Mengutip Health Line, cairan yang diminum anak akan membantu mengatur suhu tubuhnya, melancarkan aliran darah dengan menjaga volume darah dan mengatur sistem kardiovaskular, membuang racun dan sisa makanan, hingga membantu sistem pernapasan serta menjaga kelembapan dan tekstur kulit.
Sebaliknya bila anak kurang minum atau sampai mengalami dehidrasi, maka dapat berdampak negatif terhadap kesehatan anak Anda dalam banyak hal, berpotensi mengurangi fungsi otak, menyebabkan konstipasi, dan menyebabkan kelelahan.
Karena itu, memastikan anak cukup minum setiap harinya sangat penting. Tapi jangan lupa, pastikan anak minum minuman yang sehat. Hindari minuman yang mengandung banyak gula, pewarna, pengawet atau perasa buatan.
Lebih baik, beri mereka minuman-minuman sehat berikut ini:

1. Air putih


Air putih (air minum yang sudah dimasak) harus selalu jadi pilihan pertama setiap kali anak haus. Ini karena air sangat penting bagi kesehatan dan diperlukan untuk proses vital yang tak terhitung jumlahnya di tubuh anak Anda, termasuk pengaturan suhu dan fungsi organ.
Bahkan, dalam kaitannya dengan berat badan, anak-anak memiliki kebutuhan air yang lebih besar daripada orang dewasa karena tubuh mereka yang tumbuh cepat dan tingkat metabolisme yang lebih tinggi.
Tidak seperti banyak minuman lain, air tidak akan memberikan kalori cair, sehingga kecil kemungkinannya anak merasa kenyang dan menolak makanan setelah minum air.
Air putih juga bisa membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko gigi berlubang, dan meningkatkan fungsi otak anak. Bagus kan, untuk membantu anak belajar selama di rumah aja

2. Susu tanpa gula


Umumnya, anak-anak lebih suka minuman susu manis seperti susu rasa coklat atau susu stroberi. Tapi tetap saja, susu tanpa gula atau rasa tambahan merupakan pilihan yang paling sehat.
Susu mengandung protein, kalsium, fosfor, dan magnesium – nutrisi penting untuk kesehatan tulang yang sangat penting bagi pertumbuhan anak. Selain itu, susu sering diperkaya dengan vitamin D, vitamin penting lain untuk kesehatan tulang mereka.
Namun, penting untuk dicatat bahwa minum terlalu banyak susu dapat menyebabkan anak menjadi kenyang, Moms. Ini berpotensi menyebabkan anak mengkonsumsi lebih sedikit makanan utama mereka.
Karena itu, untuk memastikan bahwa anak Anda tidak terlalu banyak minum susu sebelum makan, Anda juga perlu membatasi konsumsi susu anak. Dua gelas sehari, sudah cukup! Jangan lupa, beri jarak waktu minum susu dengan waktu makan.


3. Air Kelapa


Meski mengandung kalori dan gula, air kelapa tetap merupakan salah satu minuman paling sehat untuk anak. Apalagi bila dibandingkan dengan minuman bersoda atau yang mengandung banyak gula.
Tak hanya menyediakan sejumlah nutrisi, termasuk vitamin C, magnesium, dan kalium (yang semuanya penting bagi anak!), air kelapa juga mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, kalsium, dan natrium.
Orang tua juga perlu tahu, beberapa elektrolit tersebut di atas, mudah hilang dari tubuh setelah anak berolahraga atau banyak beraktivitas fisik. Karena meski di rumah aja, si kecil biasanya tidak bisa diam, kan?


4. Smoothies


Smoothie adalah cara lezat untuk menyelipkan buah-buahan ke dalam minuman anak. Tapi smoothies yang sehat buatan sendiri ya Moms, bukan yang dijual di gerai dengan tambahan gula berlebihan.
Blender saja buah dengan susu. Anda juga bisa mencampurnya dengan air kelapa, daging kelapa, bubuk coklat, vanila dan banyak lagi.
Tak hanya buah-buahan, Anda juga bisa menggunakan sayur-sayuran untuk membuat smoothie. Misalnya bayam, kale hingga kembang kol. Minuman anak pun jadi tambah sehat!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.