Dampak Penggunaan Masker Saat Olahraga

olahraga sambil maskeran

Penggunaan masker saat ini tentunya bertujuan untuk menghindari penyebaran maupun penularan virus COVID-19 yang kasusnya masih terus bertambah di Indonesia.


Apakah kondisi ini membuat para pegiat olahraga harus menghentikan aktivitasnya? Tentunya tidak. Olahraga perlu tetap rutin dilakukan untuk membantu tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh tetap optimal.

Namun, adanya pesepeda yang meninggal saat melakukan aktivitas olahraganya membuat sebagian orang kebingungan saat berolahraga.

Terutama tentang penggunaan masker disarankan saat berolahraga dan dampaknya pada kesehatan.


Perlu dipahami, kegiatan olahraga yang dilakukan akan membuat tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak. Semakin intens olahraga yang dilakukan, semakin bertambah pula kebutuhan oksigen dalam tubuh.


Psikolog dan profesor pada School of Health Sciences di Central Michigan University, Lana V. Ivanitskaya, mengatakan penggunaan masker saat berolahraga dapat menjadi masalah yang berbahaya bagi kesehatan dan tidak banyak orang yang menyadari.

Hal ini menyebabkan seseorang menjadi lebih sulit untuk bernapas karena terhambat masker yang digunakan apalagi jika kamu sudah memiliki riwayat penyakit pada paru-paru maupun jantung.


Selain itu, olahraga menyebabkan kamu mengeluarkan keringat dan membuat masker menjadi basah. Melansir dari laman Parents, penggunaan masker basah juga membuat tidak nyaman dan sekresi pada hidung.


Selain itu, masker yang basah juga dinilai tidak efektif dalam mencegah penularan dan penyebaran virus COVID-19.