Daftar 10 Budaya Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Daftar 10 Budaya Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

Disebutkan jadi negara yang kaya kebudayaan, ya memang benar Indonesia itu kaya bermacam budaya. Memiliki bermacam suku, budaya, bahasa, rutinitas, serta tradisi istiadat mengantar Indonesia pada wisata wisata budaya dunia yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan internasional yang akan nikmati budaya sampai berperan serta dalam pelajari budaya asli hingga tidaklah sampai hilang.

Butuh Anda tahu jika budaya-budaya yang berada di Indonesia ini adalah budaya asli serta salah satu. Kekhasan dari adat yang kita punya tidak dipunyai oleh negara mana saja. Berikut yang membuat Indonesia unik! Nah, apapun kebudayaan unik yang cuma berada di Indonesia? Yuk kita lihat penjelasannya!

Daftar 10 Budaya Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia

 

  1. Ritual Tiwah – Kalimantan Tengah

Ritual ini diakui serta dikerjakan oleh warga suku Dayak di Kalimantan Tengah, terutamanya suku Dayak yang berpedoman keyakinan Kaharinan. Adat ini adalah ritual yang mempunyai tujuan untuk mengantar roh leluhur ke alam baka dengan menyucikan lantas mengalihkan tersisa jasad mereka dari liang lahat ke satu tempat yang diketahui dengan panggilan sandung.

  1. Kebo-Keboan – Banyuwangi

Adat yang teratur diselenggarakan sekali pada sebuah tahun (persisnya pada tanggal 10 Suro) ini diselenggarakan di Desa Alasmalang, Singojurun, Banyuwangi. Ritual ini adalah kombinasi di antara upacara untuk minta hujan waktu musim kemarau atau jadi pernyataan sukur saat panen mereka sukses.

  1. Mapasilaga Tedong – Toraja

Mapasilaga Tedong dalam bahasa Indonesia bermakna Beradu Kerbau. Kerbau yang diadu adalah Kerbau Bule atau Kerbau Lumpur. Ke-2 kerbau ini akan beradu kemampuan memakai sundul untuk menjatuhkan rivalnya. Adat ini dikerjakan dalam rencana pemakaman leluhur warga Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

  1. Pasola – Sumba Pasola-sumba

Adat yang satu ini adalah sisi dari rangkaian upacara tradisional yang dikerjakan oleh warga Sumba teratur tiap tahunnya pada bulan Februari atau Maret. Arah dari penerapan adat unik ini ialah meminta restu beberapa dewa supaya panen tahun itu sukses. Pasola adalah adat ‘perang-perangan’ yang dikerjakan oleh dua barisan berkuda yang terdiri lebih dari 100 orang per kelompoknya. Mereka memakai senjata tombak memiliki bahan kayu dengan diameter seputar 1.5 cm.

  1. Dugderan – Semarang

Upacara Dugderan adalah adat di Semarang yang teratur dikerjakan pada 1 hari sebelum bulan puasa. Dugderan mencakup pasar rakyat yang diawali 1 minggu sebelum Dugderan berjalan. Keunikan diselenggarakannya ritual ini ialah warak ngendok (semacam binatang buatan yang berbentuk hewan bertubuh kambing, berkepala naga, serta bersisik emas).

  1. Tabuik – Pariaman Festival Tabuik

Perayaan ini adalah adat di Pariaman yang dikerjakan dalam rencana memperingati Asyura yang dikerjakan oleh warga Minangkabau di wilayah pantai Sumatera Barat. Tabuik ialah arti untuk mengangkat jenazah yang dibawa sepanjang proses upacara. Upacara melabuhkan tabuik ke laut tetap dikerjakan teratur tiap tahun pada tanggal 10 Muharram semenjak 1831.

  1. Makepung – Bali

Makepung dalam bahasa Indonesia bermakna Balapan Kerbau. Adat budaya unik ini bukanlah jadi upacara peringatan perayaan khusus. Pada awalanya, adat ini sesuatu permainan beberapa petani yang dikerjakan di antara pekerjaan bajak sawah waktu musim panen. Makin bertumbuh serta makin disukai oleh beberapa golongan membuat pekerjaan iseng-iseng ini jadi salah satunya pertunjukan budaya di Bali yang lumayan menarik perhatian beberapa wisatawan khususnys wisatawan asing sampai sekarang adat Makepung dikerjakan teratur serta jadi jadwal tahunan wisata di Bali.

  1. Debus – Banten Debus Banten

Debus adalah salah satu budaya unik yang ada di Banten, kesenian bela diri yang maksudnya tunjukkan potensi manusia yang mengagumkan. Adat satu ini dapat disebutkan benar-benar ekstrim sebab mempertunjukkan bagaimana satu orang punya potensi untuk kebal senjata tajam, kebal pada air keras, serta semua potensi yang lain yang cukup melawan serta meningkatkan adrenalin buat siapapun yang melihat. Walau dipandang ekstrim, Debus masih dibolehkan dikerjakan untuk kebutuhan kebudayaan atau upacara tradisi.

  1. Karapan Sapi – Madura Festival KArapan Spai Madura

Berawal dari keringnya tanah Madura yang kurang subur untuk tempat pertanian, sekarang warga Madura berubah karier jadi nelayan di wilayah pesisir serta beternak sapi. Upacara ini teratur diadakan tiap tahun pada bulan Agustus atau September. Karapan sapi adalah tempat pesta rakyat serta adat yang prestis serta dipandang dapat meningkatkan status sosial satu orang. Karapan Sapi dikerjakan sesudah warga Madura sukses memetik hasil panen padi atau tembakau.

  1. Kasada – Bromo Suasana Kasad di Gunung Bromo

Upacara Kasada adalah upacara persembahan sesajen pada Sang Hyang Widhi yang dikerjakan tiap bulan Kasada hari ke-14. Upacara ini adalah bentuk sukur warga asli Tengger sekaligus juga jadi media untuk minta panen yang melimpah serta kesembuhan untuk semua jenis penyakit.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.