Cegukan Tanda Gugup atau Gangguan Kesehatan?

Cegukan
Gambar anak-anak cegukan

Meski bukan termasuk kondisi medis yang berbahaya, tapi cegukan yang terjadi bisa sangat mengganggu.
Sebenarnya, ini adalah kondisi yang normal dan bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya muncul karena adanya kontraksi pada diafragma dan otot di sekitar tulang rusuk.


Kontraksi yang terjadi kemudian diikuti dengan penutupan saluran pernapasan, sehingga menyebabkan keluarnya bunyi khas seperti “Hikk”.
Umumnya, ini akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan detik maupun menit.

Cara Mengatasi biasanya dilakukan dengan cara menelan air putih atau makanan, serta menahan napas selama beberapa detik untuk merangsang diafragma.
Namun, hal ini bisa saja terjadi dalam jangka waktu yang panjang disebabkan beberapa kondisi.

Baca Juga : Disentri Dan Cara Untuk Mengobatinya


Ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya kontraksi yang berujung pada cegukan, seperti makan terlalu cepat saat sahur, terlalu kenyang, mengonsumsi minuman bersoda, serta menelan udara. Adanya situasi mendadak pada perubahan suhu juga bisa menjadi pemicu terjadinya cegukan.
Pada beberapa kasus, hal ini terjadi sebagai reaksi otak terhadap emosi tertentu, seperti stres, gugup, cemas, atau terlalu bersemangat.


Cegukan Terus Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

  • Kita bisa lakukan hal kecil ini untuk menghilangkan masalah ini, seperti minum air hangat, dan menahan napas.
  • Namun, jika hal ini terjadi dalam jangka yang panjang itu yang perlu diwaspadai. Misalnya lebih dari dua hari.
  • Faktanya, cegukan yang berlangsung dalam waktu lama memang memiliki peluang sebagai gejala dari penyakit tertentu.

“Cegukan memang terjadi hanya beberapa detik atau menit, namun ada yang berlangsung lebih dari dua hari dan ini bisa menjadi tanda adanya kelainan yang bersifat serius pada diafragma atau bagian lain di sekitar organ tersebut”.


Gangguan yang timbul sebagai salah satu gejalanya adalah masalah pencernaan, gangguan saraf di sekitar leher dan difragma, gangguan rongga dada, hingga masalah jantung.
Meski begitu, bukan berarti semua cegukan yang terjadi pasti merupakan gejala dari penyakit tersebut. Agar lebih jelas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika bertambah parah.

Tags:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.