Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesatan Mata

mata

Mata itu aset penting buat saya, bukan hanya buat kerja, hiburan, tetapi juga kecantikan.

Kalau ditanya, bagian tubuh mana yang saya sukai, mungkin mantap jawab mata, di antaranya. Jadi, ya pasti berusaha dirawat sebelum terlambat kena penyakit atau gangguan mata yang parah.

Di era sekarang kita tak bisa lepas dari gadget. Blue ray ini bisa menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS), mata kering, rabun jauh, dan mata lelah.

Buat kamu yang seperti saya, nggak bisa jauh dari gadget, harus punya siasat buat menjaga kesehatan mata.

So, berikut tips merawat mata:

1. Makan banyak sayur, buah, atau suplemen yang kaya vitamin mata

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin A. Umumnya terkandung dalam buah dan sayuran berwarna hijau, jingga, atau kekuningan. Contoh: wortel, tomat, labu kuning, alpukat, pepaya

Sayuran berwarna hijau tua mengandung karotenoid, zeaxanthin, dan lutein yang bisa mengurangi risiko penyakit katarak atau penurunan kemampuan penglihatan.

Tapi kalau tidak mau ribet beli atau mengolah buah atau bahan makanan tadi, bisa diakali dengan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin A saja.

Baca Juga : Jenis Macam Kebudayaan Di Indonesia

2. Tidak berlama-lama memakai lensa kontak

Memakai lensa kontak lebih dari 19 jam dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada mata dan juga menyebabkan kerusakan mata permanen.

3. Kompres mata dengan mentimun

Mengompres mata dengan irisan mentimun yang dingin di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari bisa mencegah bengkak.

4. Jangan berlama-lama menatap layar gadget

Atur waktu istirahat dengan metode 20-20-20, yaitu mengistirahatkan mata dari layar selama 20 detik setelah menatapnya selama 20 menit. Coba keluar ruangan, melihat yang hijau-hijau, supaya mata nyaman.

5. Lakukan olahraga untuk mata dan tubuh

Istirahat sejenak dari gadget. Sempatkan olah raga ringan, yang berfungsi untuk kesehatan mata dan juga kesehatan tubuh, karena mata lelah juga bikin tubuh lelah. Coba lakukan office yoga.

6. Gunakan Kacamata kesehatan

Saya rekomendasikan kacamata terapi k-ion nano premium untuk kesehatan mata. Kacamata terapi ini pas banget buat menyegarkan mata dan mengurangi kelelahan pada mata para pecandu gadget, tetapi bukan untuk menyembuhkan gangguan mata, ya.
Jika ada keluhan mata parah, tetap harus konsultasi ke dokter spesialis mata.

Tags: