Cara Membuat Alat Penetas Telur Ayam yang Sederhana

Cara Membuat Alat Penetas Telur Ayam yang Sederhana

Apakah itu alat penetas telur? Dibaca dari namanya saja, bisa disimpulkan jika mesin itu berperan untuk menetaskan telur. Dalam soal ini, ialah menetaskan telur ayam yang banyak diternak atau dibudidayakan di luar sana. Sebetulnya, ayam betina bisa menetaskan sendiri telur-telurnya dengan alami atau mandiri. Akan tetapi, penetasan telurnya kelamaan serta tingkat keberhasilannya kecil.

Berlainan dengan menetaskan telur dengan memakai mesin yang waktunya bertambah cepat serta tingkat keberhasilannya tambah tinggi. Contohnya, dari 10 telur ayam yang ditetaskan, paling cuma 1-2 butir saja yang tidak berhasil ditetaskan. Bekasnya sukses ditetaskan serta jadi anakan ayam.

Dengan memiliki mesin penetas telur sendiri, satu orang bisa menetaskan banyak anak ayam sendiri tak perlu menanti lama. Beberapa anak ayam itu bisa di jual di market atau dijaga supaya semakin besar hingga harga jualnya tambah tinggi. Usaha yang satu ini cukup menjanjikan serta menjanjikan untuk ditekuni. Oleh karenanya, cukup banyak orang atau faksi yang menekuninya.

Anda kemungkinan salah seseorang yang tertarik untuk beternak ayam. Bila semacam itu, tidak ada kelirunya Anda menetaskan sendiri telur-telur ayamnya dengan mesin atau alat bikinan sendiri. Apa dapat membuat alat penetas telur sendiri dengan beberapa bahan yang simpel? Tentunya dapat serta Anda bisa mengaplikasikannya sendiri di dalam rumah.

Baca Juga : Beberapa Tips Gampang Membudidayakan Tanaman Hias

Untuk lebih detilnya, silahkan membaca rincian berikut ini.

Alat serta Bahan yang Dipakai

Beberapa alat serta bahan yang dipakai untuk membuat suatu alat penetas telur sendiri ialah seperti berikut.

  • Satu kardus memiliki ukuran seputar 30 cm x 30 cm x 30 cm. Upayakan kardusnya yang tebal. Bila perlu, Anda dapat melapisi satu kali lagi setiap bagian kardusnya. Bila semacam itu, automatis Anda butuh sediakan minimal2 kardus yang memiliki ukuran sama.
  • Satu lampu 5 watt tipe bohlam yang panasnya konstan. Untuk menghadapi lampunya tidak putus, Anda butuh sediakan cadangan lampunya. Jangan pilih tipe lampu LH ditambah lagi LED sebab tidak pancarkan panas berlebihan.
  • Kabel beberapa mtr. serta perlengkapan listrik seperlunya yang kelak dipakai untuk menyalurkan serta menyambungkan listrik di alat penetas telur.

– Isolatif

– Gunting

– Cutter

Sekam seperlunya

– Wadah tempat air memiliki ukuran sedang atau panjangnya kurang dari 10 cm.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Bagi Pemula

Langkah Membuat Alat Penetas Telur

Sesudah semua bahan serta alat di atas telah disediakan, Anda dapat mengawali proses pengerjaan alat penetas telur dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Buat persiapan kardusnya lebih dulu. Lalu, bikinlah ventilasi dibagian atas dengan ukuran seputar 6 cm x 6 cm.
  • Kemudian, bikinlah 4 lubang ventilasi dibagian bawahdengan semasing berdiameter seputar 1 cm.
  • Setelah itu, tempatkan wadah tempat air dibagian sudut kardus penetas telur. Maksudnya untuk jaga kelembaban udara supaya tidak kering.
  • Janganlah lupa menyimpan sekam dibagian bawah kardus penetas telur dengan ketebalan seputar 3 cm. Seharusnya, dibawah sekam,ditempatkan dahulu kertas koran jadi alasnya hingga sekam tidak amburadul, ditambah lagi waktu ditukar kelak lebih gampang.
  • Langkah selanjutnya yakni menempatkan lampu 5 watt. Pasang dibagian tengah kardus serta yakinkan jaraknya seputar 8 cm – 10 cm dari telur ayam.

Sesudah alat penetas telurnya usai dibikin, Anda tinggal mempersiapkan telur-telur ayam yang ingin ditetaskan. Namun, tidak bisa asal-asalan pilih telur ayamnya sebab ada banyak persyaratan yang perlu dilihat, yakni seperti berikut.

– Punya berat 40 – 45 gr (berat normal)

– Punya bentuk yang normal

– Berusia tidak kurang dari 5 hari

– Tidak ada kotoran di cangkang telur

– Permukaan telur tidak retak, tidak kasar, serta tidak lembek

– Tidak bau busuk

– Rasio induk jantan serta betina optimal 1:8

– Rongga udara kelihatan jelas dibagian tumpul serta tidak berpindah-pindah

Itu sedikit info tentang langkah membuat alat penetas telur simpel. Anda bisa membuat sendiri di dalam rumah dengan bahan serta alat yang gampang didapat.

Tags:

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.