Cara Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula

Cara Budidaya Lobster Air Tawar untuk Pemula

Tahu tidak? Jika lobster adalah satu antara olahan makanan dari laut yang memiliki citarasa yang tinggi. Itu penyebabnya, lobster adalah satu antara seafood yang mempunyai harga yang tinggi sekali. Kebayang kan? Jika konsumsi makanan laut dengan menu lobster, tentu Anda merogoh kocek lebih dalam untuk dapat makan dengan menu lobster.

Tetapi, meskipun harga makanan ini mahal, tetapi tetap banyak fans makanan laut yang pilih menu makanan lobster jadi menu makanan mereka di restoran seafood. Sampai dapat dibuktikan jika suplai lobster lebih sedikit dibanding keinginan konsumen setia restoran.

Nah, dengan keterangan itu, tentu saja budidaya lobster air tawar adalah kesempatan yang besar buat Anda yang ingin coba terjun di dunia wiraswasta. Serta budidaya lobster air tawar ini dapat dikerjakan di halaman rumah Anda. Jadi, Anda tak perlu sewa tempat untuk budidaya lobster air tawar. Cukup memakai tersisa halaman rumah, jika ingin budidaya lobster air tawar.

Maka, kita akan coba memberi cara-cara budidaya lobster air tawar yang pas untuk Andauntuk coba di di dunia usaha.

  1. Ketentuan Hidup

Biasanya, lobster air tawar ini membutuhkan tempat atau kolam yang lumayan lebar. Diluar itu, lobster air tawar ini sangat toleransi dengan oksigen yang rendah. Ya, walau begitu, hidup dengan semacam itu benar-benar minim lobster untuk hidup serta berkembang biak secara baik.

Dasar oksigen yang bisa dipakai oleh lobster air tawar ini seputar 4 ppm. Tidak cuma pada oksigen, Anda pun butuh memerhatikan suhu udara yang berada di kolam itu. Lobster air tawar ini benar-benar pas hidup di kolam yang bersuhu 25 – 29° C. Untuk tingkat keasaman air, lobster air tawar ini benar-benar pas dengan air yang mempunyai keasaman seputar 7 – 9 pH. Maka, Anda akan sulit menemui lobster air tawar yang perairannya mempunyai keasaman dibawah 7 pH.

Lobster air tawar ini membutuhkan perairan yang mempunyai kandungan kapur sedang sampai tinggi. Ini dibutuhkan sebab untuk jaga kandungan kalsium jadi pembentukan cangkang lobster air tawar.

  1. Media Lobster Air Tawar

Sebetulnya tidak ada dasar untuk media lobster air tawar. Dengan begitu, karena itu media yang dipakai lobster air tawar ini sangat beragam. Ya, meskipun biasanya lobster air tawar ini seringkali dibudidaya dengan ekstensif dalam kolam tanah.

Saat Anda memakai media kolam tanah, Anda cukup meletakan indukan dalam kolam yang telah dikeringkan terlebih dulu. Serta untuk lobster air tawar yang ukurannya telah sesuai komersil market, Anda dapat menjualnya. Sedang bekasnya, Anda dapat menempatkan kembali pada kolam tanah itu. Berlainan perihal dengan intens. Beberapa peternak lobster air tawar yang dibudidayakan dengan intens ini lebih memberi pakan berbentuk sayur atau pakan komersil yang lain. Itu penyebabnya, lobster air tawar yang dibudidaya dengan intens tambah mahal harga dibanding dengan lobster air tawar yang dibudidaya dengan ekstensif.Tidak hanya kolam tanah, lobster air tawar dapat juga dibudidaya memakai kolam fiber atau kolam semen/tank. Biasanya, media type ini dipakai untuk membesarkan burayak.

  1. Proses Pembenihan

Sebelum mengawali langkah budidaya lobster air tawar, anda harus pilih benih yang bagus. Dalam proses pembenihan ini, Anda butuh memperbedakan di antara indukan yang jantan dengan indukan yang betina. Langkah membedakannya cukup gampang. Anda juga dapat mengerjakannya dengan visual atau disaksikan.

  • Lobster Jantan: Capik sisi luar lobster jantan ini ada bercak yang berwarna merah. Serta sinyal merah ini akan ada saat lobster jantan berumur 3 sampai 4 bulan. Disana, lobster mempunyai ukuran seputar 3 inci atau 7 cm. nah, lobster jantan pada saat berikut yang siap dikawinkan dengan lobster betina.
  • Lobster Betina: Dibagian capik tidak ada benjolan atau penisnya. Lobster betina ini mempunyai lubang di bagian pangkal kaki ke-3 dari bawah atau ekor. Nah, lubang tersebutlah yang disebut kelamin dari lobster betina serta sebagai tempat keluarnya telur.
  1. Pilih Induk

Bila Anda cari induk lobster, cari induk lobster air tawar yang ukurannya di atas 4 inci atau seputar 10cm. Biasanya, mereka yang berumur 5 sampai 6 bulan. Sebab, lobster pada saat ini akan mempunyai telur yang lumayan banyak dalam proses pembuahannya. Nah, di bawah ini ialah panduan pilih calon indukan lobster air tawar yang berkualitas supaya Anda tidak tertipu saat akan beli indukan lobster.

  • Pilihlah indukan yang sangkanya proses pertumbuhannya bertambah cepat dibanding dengan yang lain.
  • Belilah indukan lobster air tawar ke toko yang telah bersertifikat.
  • Perhatikan kelaminnya. Jangan pernah Anda memperoleh lobster banci, alias lobster betina yang mempunyai -kelamin jantan. Lobster ini tidak bisa bertelur benar-benar.
  • Pilihlah lobster yang gemuk, jangan pernah Anda memperoleh lobster yang kepalanya semakin besar ukurannya dibanding badan serta ekornya. Lobster yang demikian ialah lobster yang kurang makan atau nutrisi.
  • Anda dapat mengawinkan lobster saat berumur 5 sampai 6 bulan atau ukurannya yang telah sampai seputar 4 inci. Sebab, bila makin muda lobster dikawinkan, karena itu makin lamban juga perkembangan anaknya kelak. Serta indukan lobster yang memiliki ukuran 4 inci, umumnya bisa bertelur sampai 200 telur.
  • Anda dapat memisahkan di antara yang jantan serta betina saat mereka telah sampai 2 inci atau 5 cm.

Butuh bibit, bebet, berat dari lobster. Upayakan Anda memperoleh indukan lobster yang murni dari spesies lobster yang paling baik.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.