Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal, Murah dan Menguntungkan

Cara Budidaya Ikan Sidat di Kolam Terpal, Murah dan Menguntungkan

ikan sidat

Ikan sidat adalah ikan air tawar yang masih sekeluarga dengan belut. Perbedaannya ikan ini dengan belut ialah tempat hidup serta ukuran dimana ikan sidat hidup di air tawar serta condong semakin besar sedang belut hidup di lelumpuran dengan ukuran badannya yang lebih kecil.

Keinginan ikan ini lumayan tinggi di market Indonesia dan luar negeri, khususnya negara Jepang. Di negara sakura itu, ikan sidat salah satu makanan favorite masyarakatnya dimana ikan ini dipanggang serta disantap bersama dengan nasi putih hangat. Walau ikan sidat ini ialah makanan favorite, tersedianya ikan ini di Jepang benar-benar terbatas, karena itu negara itu lakukan import ikan sidat dengan besar dari

Keinginan market Indonesia makin bertambah dengan adanya banyak restoran Jepang yang dibuka sedang usaha budidaya ikan ini masih cukup kurang. Oleh karenanya, harga ikan ini di market masih tinggi, di rata-rata Rp 300.000 hinga Rp 600.000 per kg.

Terdapat beberapa langkah untuk membudidayakan ikan ini serta diantaranya dengan memakai kolam terpal. Kolam terpal ini punya beberapa keunggulan, salah satunya:

– Hasil panen ikan tidak bau tanah

– Kolam terpal gampang dibikin bersih

– Ongkos tidak besar

– Suhu air di kolam lebih konstan

– Proses panen lebih gampang

– Dapat dibikin di wilayah dengan persediaan air yang kurang

Yang penting disiapkan untuk mengawali budidaya ikan sidat ini ialah kolam terpal, bibit ikan sidat, serta pakan yang sesuai dengan. Berikut langkah budidaya ikan sidat di kolam terpal yang murah serta memberikan keuntungan. Yuk, cari info mengenai Langkah Budidaya Ikan sidat.

  1. Persiapan Kolam Terpal

Pengerjaan kolam terpal cukup gampang dengan ukuran baik seputar 2 x 7 x 0,7 mtr.. Diawali dengan memasangka tiang yang kuat di empat titik serta bikin rangka kolam berbahan kayu atau besi. Lalu, bikin pagar bagian kolam dengan kayu atau bambu serta berikan alas berbahan karpet atau sekam padi.

Kemudian, ikat terpal dengan kuat di semasing tiang untuk menahan kebocoran serta buat persiapan peralon untuk jaga perputaran air yang baik waktu lakukan budidaya. Pompa udara dengan 12 lubang dibutuhkan untuk jaga kandungan oksigen di kolam.

Sesudah kolam jadi, ada banyak persiapan yang perlu dikerjakan sebelum mengawali step awal budidaya. Kolam harus dibikin bersih terlebih dulu serta dijemur sampai kering serta dapat mematikan bibit penyakit. Kemudian diisi air terlebih dulu serta dibiarkan sepanjang 2 hari untuk sesuaikan suhu serta pH air di kolam. Yuk, cari info mengenai Fakta Pemakaian Terpal dalam Budidaya Ikan

Lingkungan air kolam juga penting agar hasil budidaya ikan jadi sukses. Keadaan air yang baik untuk sidat ialah seperti berikut:

– Suhu air di antara 29 – 30 derajat celcius dimana untuk benih cuma dibutuhkan 29 derajat celcius.

– Kandungan oksigen di air seputar ½ sampai 2 ½ ppm.

– Tingkat keasaman air sebesat pH 7 sampai 8.

– Salinitas atau kandungan garam di air di antara 6 sampai 7 ppt.

  1. Pendederan

Pada step pendederan, benih ikan sidat yang memiliki ukuran 0,17 gr diberi waktu untuk menyesuaikan dengan keadaan bikinan di kolam serta dapat mengonsumsi makanan bikinan. Bentuk benih ikan ini seperti dengan ikan sidat dewasa, tetapi lebih kecil dengan warna transparan, disebutkan dengan glass eel.

Untuk proses penyebaran benih ikan, harus dikerjakan secepat-cepatnya untuk kurangi tingkat stress beberapa benih proses dari perpindahan tempat. Sebelum disebar, biarlah plastik yang berisi benih ikan mengapung di air untuk waktu penyesuaian dahulu dengan tempat perawatan.

Sesudah benih disebar, berikan pakan seperlunya sampai glass eel ini jadi membesar sampai punya ukuran elver atau sidat fingerling dengan ukuran 10 gr per ekor. Pakan yang baik untuk benih ikan umumnya berbentuk cacing sutera atau pelet dengan kandungan protein 52-54% serta diberi 3 kali satu hari. Suhu serta kandungan oksigen di air harus juga dilihat.

Suhu yang baik untuk pembenihan ialah seputar 29 derajat celcius dengan kandungan oksigen ½ hinga 2 ½ ppm. Saat telah sampai step elver, karena itu proses selanjutnya ialah tingkatan pembesaran sampai waktu panen. Yuk, cari info mengenai Langkah Budidaya Udang Pakan Ikan

  1. Pembesaran

Pada step pembesaran, ikan sidat ini dipindahkan ke sejumlah kolam terpal untuk menahan kanibalisme serta kematian awal. Pakan ikan sepanjang pembesaran sedikit berlainan, dimana ikan ini dapat konsumsi udang hidup, kepiting hidup, cacing tanah, dan pelet dengan kandungan protein 30 – 35%. Suhu di air butuh dijaga di seputar 29 – 31 derajat celcius.

  1. Panen

Budidaya ikan sidat dibutuhkan waktu yang lumayan lama sebelum dapat dipanen. Diperlukan waktu seputar 2 tahun untuk dapat di-export serta 1 – 1,5 tahun untuk distribusi dalam negeri. Tapi, imbalan akhir sesudah panen benar-benar setimpal dengan usaha telaten. Satu ekor ikan sidat dewasa memiliki ukuran 200 gr, maka bila benih yang ditabur sekitar 1 ton, karena itu hasil panen bisa menjadi 5 ton. Yuk, cari info mengenai Pemahaman serta Peranan Budidaya Ikan Mengonsumsi

  1. Siaga pada Hama serta Penyakit

Saat pembudidayaan ikan ini, sering berlangsung masukknya hama ke kolam ikan seperti kodok. Kodok benar-benar beresiko buat benih-benih yang masih kecil serta berusia kurang dari satu bulan sebab hama ini dapat mengonsumsi habis benih-benih ikan ini serta berletur di kolam.

Salah satunya langkah untuk menghindarkan ini dengan menempatkan pelindung untuk tutupi kolam seperti terpal atau anyaman bambu. Diluar itu, kolam dianjurkan untuk diawasi dengan teratur. Yuk, cari info mengenai Langkah Menangani Hama Ikan Gabus

Ikan sidat dapat juga menderita penyakit yang dikarenakan oleh parasit seperti bakteri, virus, jamur, atau protozoa, serta non-parasit yang dikarenakan oleh factor linkungan, kualitas makan, atau turunan. Walau tidak susah untuk membudidayakan ikan sidat, lihat kesehatannya sampai masih sehat sampai waktu panen.

Berikut langkah budidaya ikan sidat di kolam terpal yang murah serta memberikan keuntungan. Mudah-mudahan info ini berguna buat anda yang ingin mengawali budidaya ikan sidat.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: