Cara Budidaya Ikan Gabus Yang Mudah Bagi Pemula

Ikan Gabus

Saat satu orang mengulas mengenai langkah budidaya ikan gabus, apa yang berada di pikiran anda? Apa anda kenal figur ikan yang satu ini? Ikan ini adalah ikan predator di air tawar, benar-benar liar serta rakus sampai umumnya di takuti oleh beberapa peternak ikan. Ikan gabus adalah ikan buas pemakan semua benih ikan, serta ikan gabus memangsa serangga – serangga yang di dapatkan di air dan beberapa ikan dewasa bila dia hidup di habitat aslinya.

Ikan gabus datang dari Indonesia, seringkali di dapatkan hidup di perairan air tawar, waduk, sungai serta di rawa – rawa. Tetapi sayangnya, saat ini populasi dari ikan gabus semakin menyusut, hingga bertindak budidaya tentu saja suatu hal yang benar-benar di butuhkan serta dikembangkan. Ikan gabus ini dikenal dengan beberapa nama, seperti haruan, kocolan, bogo, bale salo, laknat,bayong serta licingan.

Saat anda sudah punya niat untuk lakukan budidaya ikan gabus, sebab kandungan serta beberapa faedah yang di punya ikan ini sangatlah banyak serta seperti halnya Langkah Budidaya Ikan Nila, anda dapat memanen hasilnya. Tetapi anda harus tahu terlebih dulu langkah – langkah dalam membudidayakan ikan gabus itu, sebab seperti yang sudah kita tahu jika ikan ini punya karakter predator.

Serta ikan ini memangsa kodok tidak hanya dari beberapa ikan ikan kecil. Berikut rangkaian tata langkah pelihara ikan gabus supaya panen anda melimpah :

Penentuan Tempat

Ada beberapa tempat pembudidayaan ikan gabus yang biasa di gunakan oleh beberapa peternak ikan gabus, yakni : kolam tana, kolam terpal atau kolam beton. Pilih salah satunya tipe kolam yang akan kamu gunakan nanti, cocokkan bermodalkan awal. Berikut beberapa point penting yang perlu kamu tahu mengenai ke-3 tipe kolam perawatan ikan gabus ini :

Kolam Tanah

Untuk kolam ikan gabus yang memakai media langsung dari tanah, langkah membuat lumayan sederhana yakni dengan menggali tanah yang permukaannya datar sampai sampai kedalaman khusus (sesuai dengan kemauan pemilik) dan anda tinggal lakukan penumpukan dibagian bagian kolam supaya ketinggian dari kolam itu dapat makin bertambah.

Untuk permasalahan air yang akan dipakai di kolam ikan gabus itu, umumnya datang dari anak sungai yang di aliri dari atas kolam, serta air yang sudah melimpah akan masuk serta mengalir ke selokan yang disiapkan di dekat kolam sampai akan berlangsung perputaran air yang baik. Tidak hanya lebih praktis serta irit ongkos, berikut beberapa keuntungan lain yang didapatkan lewat kolam dengan media tanah ini :

  • Peluang ikan memperoleh pakan alami semakin lebih tinggi, sampai akan menolong dalam budidaya ikan gabus serta jaga supaya beberapa ikan tumbuh dengan sehat.
  • Akan tetap ada banyak pakan alami yang hidup serta berkembang biak dengan cara langsung di kolam ikan sejenis ini seperti beberpa tipe ikan – ikan kecil, udang – udang liar serta zat-zat renik.
  • Perairan yang di hasilkan di kolam ini semakin lebih subur bila dikerjakan proses pemupukan terlebih dulu sebelum memproses kolam.
  • Proses perubahan air yang umumnya mengambil sumber dari saluran sungai tentu saja memberi tingkat tinggi dari masuknya pakan alami.

Kolam Terpal

Saat ini, pemakaian kolam terpal untuk beberapa budidaya ikan semakin terkenal, pada Langkah Budidaya Ikan Koi, banyak peternak ikan itu yang pilih memakai kolam terpal. Banyak tipe ikan lain yang umumnya di budidayak dengan memakai kolam sejenis ini, ikan gabus contohnya.

Pemakaian kolam terpal tentu saja semakin lebih praktis serta gampang, membuatnya semakin lebih murah bila di banding dengan kolam beton serta tentu saja punya beberapa kenggulan diantaranya :

  • Bagus untuk wilayah yang tidak bagus ataukah tidak gampang memperoleh air. Bila anda tinggal di wilayah yang tidak gampang untuk memperoleh air, wilayah berpasir serta di pesisir dimana susunan tanahnya pasti tidak dapat memuat air. Karena itu pemakaian kolam terpal ialah pilihan yang bagus.
  • Jaga konsistensi suhu di kolam. Beberapa petani ikan sudah menunjukkan kedahsyatan dari kolam terpal yang kenyataannya dapat meredam fluktuasi atau perkembangan suhu air kolam yang umumnya berlangsung sebab alas sekam yang di tabur pada fundamen kolam.
  • Tidak bau. Berlainan dengan memakai kolam ikan yang dibuat langsung dari media tanah, pemakaian kolam terpal akan meminimalkan berbau lumpur atau berbau tanah pada ikan yang di hasilkan.
  • Lebih gampang untuk lakukan pemanenan. Sebab pada kolam ikan terpal ini akan minim lumpur atau serta tidak ada benar-benar, jadi proses pemanenan semakin lebih cepat dan mudah.
  • Jarang-jarang di dapatkan terdapatnya penyakit atau hama. Kebersihan pada kolam ini relatif konstan, karena itu jarang-jarang di dapatkan terdapatnya ikan yang terjangkit penyakit atau yang terserang hama khusus.

Kolam Beton

Beternak ikan gabus di kolam beton atau lakukan Langkah Budidaya Ikan Guppy memakai media kolam yang saatu ini membutuhkan persiapan dan perawatan yang akan berlainan dengan budidaya ikan memakai 2 media kolam tipe yang lain.

Meskipun sebetulnya untuk proses pembudidayaan ikan gabus, kolam beton dikira terbagus antara yang lain. Berikut beberapa kelebihan saat memakai kolam beton :

  • Berlainan dengan kolam tanah, air yang di aliri dalam kolam tidak akam gampang kotor serta lebih higienis sebab tidak langsung bersentuhan dengan tanah.
  • Tambah lebih awet susunan kolam ini bila di banding dengan susunan kolam yang lain.
  • Lebih tahan serta semakin lebih jarang-jarang memerlukan proses perawatan.
  • Gampang di membersihkan pada saat panen.
  • Ikan yang di hasilkan saat panen tidak bau tanah atau lumpur.

 

 

 

Tags:,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.