Beberapa Tips Komplit Langkah Budidaya Ikan Arwana di Kolam Supaya Cepat Besar serta Panen Buat Pemula

Beberapa Tips Komplit Langkah Budidaya Ikan Arwana di Kolam Supaya Cepat Besar serta Panen Buat Pemula

Ikan Arwana (Scleropages formosus) adalah ikan hias air tawar dari Asia Tenggara, Ikan ini banyak disukai jadi ikan peliharaan sebab ikan ini mempunyai warna serta bentuk yang memanjakan mata. Ada 4 varietas warna dari ikan arwana ini yakni: Ikan Arwana Hijau (diketemukan di Indonesia, Vietnam, Myanmar, Thailand, serta Malaysia); Ikan Arwana Emas dengan ekor merah (diketemukan di Indonesia); Ikan Arwana Emas (diketemukan di Malaysia); serta Ikan Arwana Merah (diketemukan di Indonesia).

budidaya ikan arwana

Klasifikasi Ikan Arwana

Kingdom  : Animalia

Filum        : Chordata

Kelas         : Actinopterygii

Ord           : Osteoglossiformes

Famili        : Osteoglossidae

Harga ikan arwana bisa sampai seputar 5 sampai 10 juta per ekornya. Jadi, tidak bingung bila beberapa orang membuatnya kesempatan usaha yang benar-benar menjanjikan. Sekarang beberapa orang mulai lakukan budidaya ikan ini baik itu dalam kolam besar atau dalam akuarium.Dalam rasio besar, budidaya ikan arwana ini bisa dikerjakan di kolam terpal, kolam tempal atau type kolam yang lain. Nah kesempatan ini kita akan mengulas langkah budidaya ikan arwana di kolam.

Langkah Budidaya Ikan Arwana Di Kolam

  1. Persiapan Kolam Budidaya Ikan Arwana

Kolam yang butuh disediakan untuk lakukan budidaya ikan arwana ini dibikin seperti tempat hidupnya di alam liar dengan memberikan bebatuan dalam kolam. Diluar itu, dalam kolam dikasih filter supaya kolam masih jaga kebersihan serta kejernihan air. Derajat keasaman atau pH air yang baik jadi tempat hidup ikan arwana yakni seputar 6-5-7,5 dengan suhu 25-29 derajat celcius. Upayakan kolam tidak terserang paparan cahaya matahari langsung.

Ikan arwana terhitung spesies ikan pemakan semua terhitung anak-anaknya. Karena itu, dalam budidaya ikan arwana harus mempunyai lebih dari satu kolam untuk tempatkan ikan berdasar usia danukurannya. Ada banyak type kolam yang butuh disediakan seperti kolam pemijahan, kolam pembesaran, kolam indukan serta kolam pembentukan warna.

  1. Penentuan Type serta Indukan Ikan Arwana

Type ikan arwana yang akan dibudidayakan bisa sesuai bermodalkan yang dipunyai dan spesies yang sedang banyak keinginan. Type ikan arwana yang masih banyak keinginan ialah ikan arwana type red arwana. Tetapi untuk membudidayakan type red arwana memerlukan modal yang besar, bila modal anda tidak demikian besar anda bisa membudidayakan type silver arwana.

Pilih indukan arwana yang sudah berusia seputar 4-5 tahun, sebab indukan dengan usia itu akan baik kualitas pijahannya. Masukan indukan ke kolam pemijahan lalu beri pakan berbentuk udang untuk penuhi keperluan nutrisi anakannya kelak. Untuk memperbedakan indukan jantan serta betina ikan arwana bisa disaksikan dari bentuk kepalanya, bila kepalanya lebih kecil bermakna itu ikan arwana betina.

  1. Langkah Pengembangbiakkan Ikan Arwana

Perhatikan ikan yang tetap berenang berdampingan, ikan yang sudah berpasangan umumnya berenang berdampingan dengan kepala serta ekor yang tetap melekat. Ikan arwana yang sudah berpasangan tetap bergerak melingkari salah satunya tubuh musuh macamnya.

Sesudah ikan arwana mempunyai pasangan selekasnya alihkan ke kolam pemijahan yang dikasih bebatuan supaya seperti habitatnya di alam liar. Sesudah dipindahkan ikan arwana akan berkembang biak. Ikan arwana tidak memerlukan pertolongan dalam bertelur. Waktu ikan arwana betina keluarkan telur, ikan arwana jantan langsung memasukkan ke mulut, maksudnya untuk membuahinya. Ikan arwana jantan akan keluarkan telur dari dalam mulutnya sesudah 7-8 minggu sesudah telut jadi larva.

  1. Pembesaran Benih Ikan Arwana

Alihkan benih ikan arwana yang sudah memiliki ukuran 1 cm ke kolam yang lain yakni kolam anakan. Ini dikerjakan untuk menghindarkan ikan arwana mengonsumsi anaknya sendiri. Sesudah dipindahkan anakan ikan itu dikasih makan cacing pita. Pembesaran benih dikerjakan sampai anakan ikan arwana memiliki ukuran 10-12cm. Kemudian ikan arwana dipindahkan kembali pada kolam peremajaan.

  1. Peremajaan Ikan Arwana

Sesudah dari kolam anakan, ikan arwana dipindahkan ke kolam peremajaan serta dirawat sampai memiliki ukuran 30-40 cm. Kolam peremajaan ini dibikin terserang cahaya matahari dengan cara langsung. Cahaya matahari akan membuat badan ikan arwana keluarkan warna alaminya. Proses penjemuran ikan arwana harus dikerjakan saat pagi hari sebab cahaya matahari pagi dipandang terbaik. Bila telah masuk waktu siang kolam harus selekasnya tertutupi dengan atap jerami atau yang lain.

  1. Pemanenan Ikan Arwana

Bila ikan arwana sudah mempunyai ukuran sesuai dengan serta sudah mempunyai warna yang bagus, ikan bisa dipanen serta di jual.

Tags:,

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.