Beberapa Budaya Indonesia Yang Unik dan Menarik

Beberapa Budaya Indonesia Yang Unik dan Menarik

Jenis jenis kebudayaan indonesia benar-benar bermacam serta ada dalam banyak bentuk seperti karakter kemajemukan yang dipunyai oleh bangsa ini. Menurut mitchel budaya ialah seperangkat nilai-nilai pokok, keyakinan, standard, pengetahuan, kepribadian hukum serta tingkah laku yang dikatakan oleh individu-individu serta warga yang tentukan bagaimana satu orang melakukan tindakan, berperasaan serta melihat dianya dan orang lain.

Menurut TAP MPR No.11 tahun 1998 kebudayaan nasional ialah perwujudan cipta, karya serta karsa bangsa indonesia serta adalah keseluruhnya daya usaha manusia indonesia untuk meningkatkan harkat serta martabat bangsa, dan ditempatkan untuk memberi wacana serta arti pada pembangunan nasional dalam seluruh kehidupan berbangsa.

Dengan begitu pembangunan nasional adalah pembangunan yang berbudaya.

Berikut Ini Contoh Budaya Indonesia Yang Unik serta Menarik

  1. Rapai Daboh

Yang pertama ialah seni budaya dari ujung barat indonesia, aceh. kebudayaan nanggro aceh ini kemungkinan sedikit didapati anak muda saat ini. Rapai Daboh adalah salah satunya seni budaya ketangkasan atau kebal. Tidak hanya dikenal dengan nama Rapai daboh, permainan ini punya panggilan lain, yakni debus.

Yang ditunjukkan dari permainan ini ialah pertunjukan ketangkasan serta kebal yang di gabungkan dengan alunan musik rapai. Abdul Rani Usman, dkk mengatakan dalam bukunya budaya aceh jika kata Rapai adalah sebuat tarikat yang memakai alat musik jam dalam media pengutaraan ajaran islam.

  1. Tarian lego lego

Tarian Lego-lego

Kebudayaan suku alor lewat bentuk seni pementasan tari tarian. Budaya Indonesia unik ini adalah tarian dari suku alor yang cukup terkenal serta populer dan terhitung dalam daftar tarian traditional indonesia ialah tarian lego lego. Tarian lego lego ini masih satu type dengan tarian masekat dari kebudayaan suku alas di aceh.

Tarian lego lego ini akan dikerjakan dengan masal dimana satu serta yang lain dalam barisan tari itu akan bergandengan tangan serta membuat lingkaran sekalian melingkari tiga buah batu bersusun yang di ucap jadi mesbah. Tidak hanya menari, mereka akan melantunkan satu lagu pantun dalam bahasa tradisi serta dikerjakan semalaman dan di temani oleh gong serta moko.

  1. Makan Bajamba Makan Bajamba

Berubah sedikit dari aceh, ada satu budaya yang datang dari minangkabau namanya Makan Bajamba. Arti lain dari makan barapak ini adalah adat makan warga minangkabau. Kebudayaan minangkabau atau adat ini dikerjakan untuk rayakan hari-hari besar dalam ajaran islam atau dalam satu pesta tradisi.

Umumnya, makan bajamba ini diikuti oleh beberapa ribu orang. Urutan duduknya di buat ke kelompok-kelompok serta tiap barisan akan memperoleh sisi makanannya semasing. Sebelum proses makan bersama dengan ini diawali akan ada pembukaan oleh beberapa jenis seni pementasan Minang yang lain. Seni budaya ini direncanakan ada semenjak agama islam masuk ke minangkabau yakni seputar era ke-7.

  1. Rudat Banten Rudat Banten

Debus bukan salah satu kesenian ciri khas banten. Ada beberapa sekali kesenian serta budaya lain mengingat banten adalah salah satunya propinsi yang masih kuat menjaga adat serta keyakinan daerahnya. Kebudayaan suku baduy yang sama bukan salah satu seni budaya di propinsi banten, selain itu ada seni budaya lain yang di namakan Rudat.

Rudat sendiri adalah kesenian tradisionil hasil pepraduan di antara faktor tari, shalawat serta olah kanuragan. Nama rudat diambil dari salah satunya nama alat kesenian ini. Memiliki bentuk budar serta langkah memainkannya dengan langkah dipukul.

  1. Sintren Sintren

Jawa Barat, yakni Cirebon. Kota Cirebon punya banyak budaya ciri khas serta diantaranya ialah sintren. Tipe seni tari ini punya faktor magic tidak hanya punya beberapa unsur seni tari. Atraksi tari ini umumnya tampilkan beberapa penari. Salah satunya penari akan di ikat lehernya s/d kaki kemudian dimasukkan ke satu kurungan yang di tutup dengan kain.

Kemampuan magic yang di sebut-sebut dapat membuat penari itu terlepas dari ikatan. Sedikit seperti pertunjukan sulap tetapi tidak terlepas dari beberapa unsur seni tari biasanya.

  1. Tari Suanggi

Papuan Barat punya beberapa tarian wilayah, diantaranya ialah Tari Suanggi. Adalah tari yang menceritakan seorang istri yang mati karena korban angi-angi (Jejadian). Seperti umumnya tarian wilayah papua lainnya, tarian wilayah inipyn punya pergerakan yang condong pada ritual serta upacara keagamaan.

Suanggi adalah roh jahat (Kapes) sebab belum ditebus serta belum memperoleh kenyamanan di alam bakanya. Roh Jahat ini umumnya merasuki badan wanita. Kebudayaan papua banyak sekali serta ciri khas. Banyak yang bisa kita explore serta kita dalami.

  1. Yamko Rambe Yamko

Datang dari Propinsi Papua, Yamko Rambe Yamko ini punya irama yang memvisualisasikan kesan-kesan menyenangkan. Walau sebetulnya syairnya berisi rasa sedih karena peperangan, intinya pertikaian serta perlawanan bangsa Indonesia pada beberapa penjajah. Di papua sendiri banyak kebudayaan berdasar suku yang berada di sana. Seperti kebudayaan suku dani serta kebudayaan suku asmat.

  1. Upacara Potong Jari

Yang lain dari Propinsi papua ialah Adat potong jari. Walau termasuk ekstreme, tetapi upcara potong jari ini dikerjakan untuk memaknai rasa sedih satu orang yang tinggilah pergi (wafat) oleh orang yang mereka sayangi. Tidak cukup dengan menangisi mereka, tapi masyarakt papua akan memangkas jari mereka setiap saat mereka kehilangan bagian keluarga.

Serta adat itu sifatnya harus. Dengan memangkas jari mereka, warga pengunungan tengah papua berasumsi jika memangkas jari ialah lambang dari sakit serta pedihnya satu orang yang kehilangan beberapa anggota keluarganya.

  1. Tari Suanggi

Papuan Barat punya beberapa tarian wilayah, diantaranya ialah Tari Suanggi.  Budaya Indonesia yang satu ini adalah tari yang menceritakan seorang istri yang mati karena korban angi-angi (Jejadian). Seperti umumnya tarian wilayah papua lainnya, tarian wilayah inipyn punya pergerakan yang condong pada ritual serta upacara keagamaan.

Suanggi adalah roh jahat (Kapes) sebab belum ditebus serta belum memperoleh kenyamanan di alam bakanya. Roh Jahat ini umumnya merasuki badan wanita. Kebudayaan papua banyak sekali serta ciri khas. Banyak yang bisa kita explore serta kita dalami.

  1. Pesta Bakar Batu

Masih ada di daerah Propinsi Papua, Pesata Bakar Batu sesuatu adat atau ritual Tradisi warga Papua. Ritual ini dikerjakan jadi bentuk rasa sukur warga Papua atas karena yang melimpah. Disamping itu, ritual ini dikerjakan jadi lambang perdamaian. Sebab seperti kita tahu jika sering berlangsung perang antar suku di Papua.

  1. Tanam Sasi

Adalah bentuk upacara kematian yang dikerjakan oleh Suku Marin, Kabupaten Merauke. Sasi ialah semacam kayu yang ditanam saat satu orang wafat sepanjang 40 hari. Kemduian Sasi itu akan dicabut sesudah sampai 1000 hari.

  1. Merarik

Berubah dari papua, kita ke Lombok. Salah satunya upacara tradisi yang berada di lombok ialah merarik. Merarik adalah bahasa sasak yang berarti menikah. Warga Lombok punya langkah yang unik untuk langsungkan upacara pernikahan yaitu dengan mempelai lelaki menculik mempelai wanita selanjutnya di bawa serta ke tempat tinggalnya.

Tentu saja hal itu telah lewat kesepakan awalnya. Sesudah proses penculikan, esok harinya akan dikerjakan acara ijab qobul supaya pernikahan ke-2 mempelai resmi.

  1. Berbau Nyale

Bukan sekedar upacara pernikahan, Lombok punya upacara yang unik serta ciri khas yang lain. Adalah Berbau Nyale, yang datang dari bahasa sasak. ‘Bau’ bermakna tangkap sedang ‘Nyale’ ialah sebuatan untuk cacing laut di Lombok. Penerapan upacara ini ada antara bulan februari atau maret. Beberapa orang akan turun ke Pantai saat pasang surut (Seputar jam 4 – 5 pagi) untuk tangkap Nyale.

Hasil tangkapannya akan dikonsumsi atau dibolehkan untuk di jual. Asal-usul upacara ini ialah mengambil sumber dari legenda Putri Mandalika. Kebudayaan suku sasak yang ada di daerah lombok ini tidak kalah uniknya dengan kebudayaan lain.

  1. Ngaben Ngaben

Satu upacara pembakaran mayat yang dipercayai serta dikerjakan oleh Warga Bali. Warga bali meyakini jika orang yang sudah wafat harus disucikan dengan media api (dibakar) sampai jadi abu. Abu hasil pembakaran itu setelah itu akan dilarungkan ke sugai atau lautan. Tujuanya sebagai penyucian komponen raga dan jiwa.

 

Nah, itulah beberapa budaya indonesia yang unik telah di rangkum oleh zona info. Dan apakah salah satu dari budaya indonesia di atas ada di sekitarmu, ceritakan sedikit di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.